Wednesday, August 13, 2014

Review Handphone Flip Samsung Citrus C3520 (Keitai Wanna be)

Akhirnya kesampaian juga punya handphone dengan tipe mekanisme body flip. Sebenernya udah dari dulu banget pengen punya hanphone model begini, tapi apa daya, dulu masih mahal-mahal banget. Terakhir nyari keitai beneran yang second dari Jepang sana, eh ternyata harganya masih selangit. Nah pas dapet voucher diskon 75 ribu dari lazada kemarin, akhirnya khilap deh beli Samsung Citrus C3520 ini, hehehe. Setelah diskon tersebut, saya harus membarter Rp.540.000 untuk meminang ponsel ini.

Di situs Lazada ini tinggal tersisa 2 pilihan warna yaitu silver ( Metallic Silver) dan grey (Charcoal Gray). Sebenarnya samsung juga mengeluarkan yang warna pink (Coral Pink) dan pink dengan aksen gambar bunga dibelakangnya (La Fleur), sayang sepertinya sudah langka, padahal kalau ada saya mau yang warna pink saja, hehehe. Saya akhirnya memilih yang warna Grey, karena kesannya lebih "gagah" aja. 


Spesifikasi Samsung Citrus C3520:
  • Layar 2,4 inci, QVGA 240 x 320 piksel, 167 piksel per inci
  • Dimensi (WxHxD): 102 x 52 x 16.8 mm, berat: 97,3g
  • Tri Band GSM
  • Kamera 1,3 megapiksel
  • Memori internal 28MB, microSD maksimal 16GB.
  • Konektivitas & Internet: GPRS, EDGE, Bluetooth
  • Large Font Size Keypad
  • Converter (Currency, Length, Weight, Volume, Area, Temperature)
  • Memo, Mobile Tracker function, SOS message,SNS
  • Fake Call Function, Calculator, Timer
  • MP3 Player, FM Radio
  • Baterai 800mAh
  • Talk Time : Up to 9 hrs
  • Standby Time : Up to 610 hrs (2G)
  • Warna : Metallic Silver, Charcoal Gray, Coral Pink, La Fleur

Paket Penjualan Samsung Citrus C3520 :
  • Handset Samsung C3520 Citrus
  • Charger
  • Earphone
  • Baterai
  • Kartu garansi
  • Buku Manual
Tujuan utama saya beli HP ini ya emang cuma menyalurkan hasrat lama saya untuk memiliki HP model flip biar kayak orang-orang jepang sana yang pada pakai Keitai Flip. Jadi saya emang jadiin hp ini sebagai HP untuk urusan nelpon, sms dan dengerin musik saja, mendampingi Android dan WP saya.

Dan apa yang paling suka? Jelas! Bisa flap-flip ini ponsel, hehehe. Entah kenapa rasanya elegan banget. Casingnya walau cuma dari plastik tapi dibuat bertekstur gerigi jadi gak licin ditangan.



Pas posisi flipnya dilipat, ukuran HP ini jadi kecil dan tebal. Nah pas flipnya dibuka, ternyata jadi panjang banget, jadi kalau dipakai buat posisi nelpon tuh full dari kuping sampai kemulut, hehehe. Mungkin ukurannya jadi panjang gini karena emang ukuran keypadnya yang emang gede-gede banget, dan empuk pula. Cocok buat HP orang tua yang emang cuma dipakai buat nelpon dan sms-an.
Oh iya, salah satu yang bikin saya nyaman, mekanisme engsel Flip Samsung Citrus C3520 ini lumayan kokoh, jadi gak terlalu khawatir sama kabel fleksibelnya kalo kita buka tutupnya agak kasar.


Pas dapet HP ini langsung saya isikan Micro SD 8 GB yang full berisi lagu-lagu. Dan masih bisa terbaca dengan baik. Sayang saya kurang puas dengan musik playernya karena semua track lagu di Micro SD langsung terbaca semua, padahal sudah saya kelompokan dalam folder-folder, jadi agak pusing kalau mau bikin playlist. Music Playernya ada equalizernya juga loh. Lumayan lah buat ganti-ganti kesan saat ganti lagu. Plus dipaketannya kita dapet Headset warna putih, yang menurut saya lumayan okeh buat dengerin lagu dari HP ini. Oh iya, meski kita tutup bagian flipnya, music playernya tetep bisa jalan kok. Dan sebagai HP standart, tidak lupa ada fitur radio FM juga yang perlu nancepin headset kalau mau digunain. 


Di Hp ini sih ada beberapa aplikasi  ChatOn, Yahoo! Messenger, Palringo, Twitter, Facebook, tapi berhubung saya udah pakai hp Android juga, jadi fitur-fitur itu gak saya gunain. Apalagi koneksi Samsung Citrus C3520 ini cuma mentok di Edge. Bisa stress nunggu loadingnya kalau dipake internetan, heheheh.Untungnya masih dilengkapi bluetooth buat transfer-transfer data.

Samsung Citrus C3520 Citrus ini juga punya kamera resolusi 1,3 megapiksel tanpa dilengkapi LED flash. Yah standar banget lah kualitasnya. Jarang saya pakai juga, paling cuma buat iseng-iseng, hehehe.
Oh ya berhubung Samsung Citrus C3520 ini gak punya layar luar, jadi harus sering buka tutup HP buat cek ada SMS. Nah cara mengakalinya bisa diset di SMS Alert Repetition biar dalam waktu beberapa menit tertentu Hp ini bakal ngasih notifikasi klo ada SMS yang belum dibaca.
Trus standar settingnya itu kalau ada telpon masuk dan flipnya kamu buka maka telpon tersebut akan otomoatis terjawab, tapi ini juga bisa diubah settingannya agar tetep dipencet manual kalau ada telpon yang masuk.
Kelebihan Samsung C3520 Citrus
  • Model Flip (clamsell) dengan engsel yang kuat
  • Harga lumayan terjangkau.
Kekurangan Samsung C3520 Citrus
  • Gak ada external display, jadi musti sering buka tutup flip untuk cek ada SMS atau miscall.
  • Kamera jelek.
  • Fitur multimedia standar.
  • Koneksi Internet hanya Edge.

Nah buat kamu yang lagi kepengan punya HP flip biar kayak artis-artis jepang di Dorama jaman dulu, Hp ini worth lah buat dibeli, Daripada nyari HP seken yang kualitasnya gak terjamin atau nyari keitai import dari jepang yang harganya masih selangit dan banyak fiturnya yang di-lock. Karena ya jaman sekarang di jepangnya sekalipun masa-masa HP flip ini udah berakhir dan berganti dengan Android dan Iphone. Disana yang masih pakai HP Flip ini ya emang generasi tua atau orang yang kebutuhannya simpel aja buat nelpon dan email.

Ya setidaknya Samsung Citrus C3520 ini udah memenuhi kebutuhan saya untuk Telpon, SMS, denger musik. Ya buat gaya-gayaan aja lah intinya. xD

Btw, gimana? Did I look like Japanese? xD





11 comments:

  1. Aq jg pengen bli hp flip samsung citrus. Klo bli baru msh ad g ya..
    Nice info.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada kok.. Beli online di Lazada aja. Sekitar 560 ribuan harganya sekarang. Makasih udah mampi ^^

      Delete
  2. hahahhahaah!! Sama dengan saya.. kayaknya keren banget bisa buka-tutup gt.

    ReplyDelete
  3. setelah muter" sana sini. browsing sana sini, akhirnya kebeli juga hp flip samsung citrus, awalnya pingin evercoss karena modelnya, tp ya balik ke merek dan kualitas... haha.. udah ngebet dan terlalu ngebet pingin hp flip broh! maklum efek otaku... hahaha btw, thanks for the review!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan sekarang gimana kabar hpnya? Punya saya masih awet nih ngedampingin android

      Delete
  4. Harga bekasnya sekarang mencapai 1jt keatas karna sudah langka tergantung kondisi kemulusanya saya punya seperti baru saya jual 1,5jt

    ReplyDelete
  5. Harga bekasnya sekarang mencapai 1jt keatas karna sudah langka tergantung kondisi kemulusanya saya punya seperti baru saya jual 1,5jt

    ReplyDelete
  6. Oktober 2018 hadir mas
    Mau tanya yg hp model itu atau c3590/3595 masih ada gk mas
    Klo ada brp prkiraan harga. Mohon infonya

    ReplyDelete