Wednesday, August 13, 2014

Gelaran Jepang UI (GJ UI 2014)

Ini dia event tahunan yang selalu saya tunggu-tunggu, bahkan melebihi ulang tahun saya sendiri, hehehe.

Gelaran Jepang UI (GJ UI 2014)

Kali ini acaranya bakal berlangsung tanggal 22-24 Agustus 2014. Nah ini yang bikin beda, biasanya ditahun-tahun sebelumnya, GJ UI itu diadakannya sebelum bulan puasa, tapi kali ini setelah lebaran. 

Oh iya ternyata GJ UI kali ini adalah yang ke 20 kali diadakan guys. Wah udah lama juga ya. Ya memang GJ UI ini merupakan salah satu festival Jepang yang paling tua dan Paling besar di Indonesia. Yap mereka udah ngadain acara ini sejak tahun 2014. Alhamduliah saya sudah datang 7 tahun berturut-turut ke acara ini.


Gelar Jepang Universitas Indonesia (GJUI) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Japanologi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (Himaja FIB UI). 

Pada tahun penyelenggaraan yang ke-20, GJUI mengangkat tema ‘LIFETIME’, yang mana akan memperlihatkan perkembangan GJUI selayaknya perkembangan kehidupan manusia, mulai dari anak-anak, kemudian menjadi remaja, dan beranjak dewasa di usia yang ke-20.  Dalam kebudayaan Jepang, seseorang dianggap sudah matang pada usia 20 tahun dan dirayakan melalui upacara tahunan Seijin shiki (成人式, upacara kedewasaan).


Nah dari bannernya diatas, pasti ada yang beda? Hayoo apa? Kalau masih bingung biar saya kasih tahu aja deh ya.
1. Kali ini GJ ada HTM-nya, beda sama GJ tahun-tahun sebelumnya yang gratis..tis..tis...
2. Akhirnya GJ kali ini hari ke-3 bakal diadain di Boulevard UI kayak GJ UI tahun 2012. Yeey, pasti bakal lebih meriah karena tempatnya yang lebih luas. Jadi lebih berasa deh aura "bunkasai"-nya

Sayangnya kali ini saya sedang dalam tugas kantor ke Dumai, dan kemungkinan gak bisa dateng ke GJ UI tahun ini, huhuhu. orz.
Bakal kangen deh kegiatan berburu Takoyaki, Okonomiyaki, Ringgo Ame dan makan-makanan lainnya disana. Apalagi ada seseorang yang pengen banget saya temui disana. Huhuhuh #Duh jadi Galau orz

Ada yang unik. Kali ini maskot acara ini ada 4 karakter:
1. Cowok yang keliatan kayak pekerja kantoran (salaryman)
2.Anak perempuan yang sepertinya masih usia sekolah
3.Anak kecil yang memakai kostum Dinosaurus.
4. Boneka penangkal Hujan yang memakai payung.
Belum tahu sih cerita dibalik maskot tersebut. Nanti kalau ada info bakal di-update deh.

Di GJ UI kali ini juga banyak acara loma loh, seperti kompetisi Band, dance cover, karoke lagu jepang, street cosplay, lomba makan makanan jepang, berbagai workshop serta gak lupa penampilan dari band-band yang beraliran jepang, cosplay, rumah hantu ala jepang, Bon Odori (tarian khas jepang yang dilakukan oleh semua pengunjung acara) serta sebagai puncaknya apalagi selain Hanabi (Peluncuran kembang Api)

Dan kali ini ada bintang tamu yang spesial:
1. J-Music LAB Live performance by Yun*chi
2. Meet Domo


Pokoknya acara ini "wajib" banget dah buat diikutin! (^w^)

Oh iya kalau mau cari info lebih lanjut tentang Gelaran Jepang UI 2014 ini bisa cari disini ya:


Sampai ketemu di Gelaran Jepang UI 21. //mojok T^T

No comments:

Post a Comment