Tuesday, March 18, 2014

3 pelajaran penting untuk menjalani hidup tanpa penyesalan

Diterjemahkan secara bebas dari artikel di Tinny Buddha yang berjudul:

3 Vital Lessons on Living a Life That Won’t Lead to Regret (By Ellen Bard)

Sekarang aku menyadari bahwa menjalani hidup kita dan mencintai diri kita sendiri selama proses itu adalah hal paling berani yang kita akan pernah lakukan. " ~ Brene Brown

Meskipun aku seorang psikolog yang telah bekerja di bidang pengembangan dan penelitian selama tiga belas tahun terakhir , terkadang aku masih membutuhkan lebih dari sekedar membaca teori dalam buku , atau bahkan melihat sesuatu pekerjaan dengan klien , untuk membuatnya terasa nyata bagiku.

Berikut adalah tiga hal yang memiliki dampak paling besar pada diriku dan cara aku menjalani hidup:

1 . Setiap dari kita memiliki kekuatan untuk mengubah situasi kita sendiri
Aku bekerja selama sepuluh tahun di sebuah perusahaan yang aku cintai,  pekerjaan yang aku cintai, tapi rasanya pekerjaan itu tidak benar-benar mencintaiku . Itu adalah pekerjaan dengan jam kerja yang panjang , penuh kerja keras dan stres.

Aku berpikir bahwa aku telah berkembang dipekerjaan itu untuk waktu yang lama , sampai diriku perlahan-lahan menyadari bahwa aku tidak punya banyak kehidupan lain di luar pekerjaan.

Aku punya beberapa masalah kesehatan yang tampaknya tidak akan membaik , tapi aku masih terus berharap di tahun demi tahun berikutnya kondisiku akan menjadi lebih baik . Tapi tampaknya hal itu tidak pernah terjadi.

Akhirnya pada suatu saat aku sadari bahwa aku memiliki kekuatan dalam diriku untuk mengubah situasi yang ada sekarang. Kadang-kadang hal tersebut mungkin menjadi pilihan yang sulit , tapi itu tetap merupakan sebuah pilihan.

Jadi dibandingkan menunggu diriku untuk mendapatkan promosi berikutnya dipekerjaan ku yang sekarang , aku mengundurkan diri . Aku pindah ke Asia Tenggara, danaku sudah tinggal dan bekerja freelance disana selama satu tahun. Aku masih terus bekerja untuk mengisi hidupku, tetapi sekarang hal itu diselingi dengan mengunjungi kedai kopi , blogging , teman-teman , hal hal yang menyenangkan , berwisata, dan yoga . Dan gairah dan tujuan hidup baru yang tidak pernah kurasakan sebelumnya.

Aku punya kekuatan untuk mengubah situasi hidupku sepanjang waktu- dan akhirnya , akumelakukan hal itu.

Lihat dan Pertimbangkan hidup kamu sendiri .

Apakah ada sesuatu yang ingin kamu ubah dari kehidupanmu yang sekarang?

Apakah kamu menunggu orang lain untuk mewujudkannya?

Ambil kembali kekuatan itu dan mulailah mengambil langkah maju menuju perubahan dirimu yang baru .

Perubahan memang akan terasa sulit , tapi hal tersebut akan sangat bermanfaat . Dan jika kamu terus melakukan apa yang selalu saja kamu lakukan , kamu hanya akan selalu mendapatkan hasil yang sama.

2 . Lakukanlah sesuatu untuk memastikan bahwa kamu telah melakukan yang terbaik terhadap hubunganmu dengan orang yang pentingdihidupmu.

Ayahku meninggal enam tahun yang lalu , dan setelah terpuruk dalam rasa berduka yang sangat dalam, aku menemukan suatu pencerahan.

Beliau meninggal sangat mendadak pada umur 55 tahun karena serangan jantung. Hal itu benar benar memberikan shock yang mengerikan bagi kami semua . Tetapi dibalik semua kesedihan tersebut, aku sangat bersyukur bahwa aku tidak memiliki penyesalan apapun  tentang hubunganku dan ayahku selama ini. Aku sangat mencintainya tanpa syarat , aku selalu menghabiskan waktu bersamanya , aku sering tertawa bersamanya , dan aku selalu berbagi semua hal dihidupku dengan beliau .

Kejadian tersebut menyadarkanku bahwa siapa pun dapat diambil dari hidup kita setiap saat .


Dan meskipun kedengarannya agak mengerikan , aku harus menjalani hubungankudengan orang lain seolah-olah orang tersebut bisa meninggal setiap saat.

Dengan pola pikir seperti itu akan memastikan akuuntuk merespon dengan cara yang berbeda untuk situasi yang sebelumnya bisa saja membuat emosiku meledak . Ini membantu akuuntuk menghindari banyak beradu argumen dengan orang lain , tetapi juga membuatku mampu berbicara dan jujur ​​tentang perasaanku sendiri .


Ini membantuku untuk berusaha demi memiliki hubungan terbaik yang aku bisa dengan orang-orang yang aku cintai . Walaupun pada kenyatannya, tidak semua begitu. Aku tidak lagi membuang-buang waktu , karena aku tahu sekarng bahwa waktu kita sangat terbatas .


Bagaimana hubunganmu dengan orang-orang terdekatmu saat ini? Dengan keluarga, dengan teman-teman ?

Bagaimana perasaanmu jika seseorang yang kamu cintai tiba-tiba meninggal hari ini ? Apakah ada sesuatu yang ingin kamu rubah mengenai caramu berhubungan dengannya?

Ingatlah bahwa kita tidak mungkin untuk mengubah cara bagaimana orang lain bersikap atau merespon kita, yang mungkin adalah mengubah sikap diri kita sendiri. Kadang-kadang hal tersebut memang berat, membutuhkan waktu dan usaha , tapi itu lebih baik kita lakukan sekarang sebelum semuanya terlambat.


3 . Apa yang baik bagi orang lain belum tentu baik untuk dirimu sendiri .

Perubahan pola pikir yang lainnya terjadi dalam beberapa bulan terakhir , ketikaaku menjalani kehidupan yang sangat berbeda di Thailand dibanding kehidupanku sebagai wanita karir sebelumnya di Inggris .

Penelitian tentang kepribadian dan perbedaan tiap individu adalah bagian inti dari pelatihanku ,dan sesuatu yang akuaku kerjakan sepanjang waktu .


Aku telah membaca buku Susan Cain yang berjudul “Quiet”, buku tersebut membahas semua tentang introvert. Darinya aku belajar mengubah diriku untuk bersikap lebih ekstrovert, Aku berhasil menunjukkan perilaku ekstrovertku, di tempat kerja dan bahkan dengan teman-temanku.

Baru-baru ini ,ibuku yang sangat ekstrovert mengunjungiku di Thailand untuk menghabiskan satu bulan disini mengurusi blog dan website kami . Hal ini membuatku menyadari bahwa aku tidak lagi perlu terlalu keras berusaha menyesuaikan perilaku aku seperti biasanya.

Aku menghabiskan banyak waktu sendirian , aku bisa bekerja dengan tetap tenang di suatu caffe meskipun suasananya sangat bising disekitarku . Tapi yang lebih penting , aku baik-baik saja dengan kehidupanku saat ini . Aku menerima bahwa pada saat ini, ini adalah kehidupan yang paling tepat bagiku. Dan itu memberikan segala yang aku butuhkan.


Dan aku tidak lagi khawatir tentang cara untuk memiliki banyak teman baru dan melakukan banyak kegiatan interaksi sosial , meskipun beberapa orang menyarankan hal tersebut kepadaku . Aku baik-baik saja menjalani kehidupan yang menurutku tepat untuk bagiku .

Mendengarkan sudut pandang lain memang baik , tapi aku tahu bahwa apa yang terasa baik dan benar bagi orang lain belum tentu tepat untukku . Dan aku memiliki kekuatan untuk mengikuti jalan hidupku sendiri .


Apakah ada aspek dari kehidupanmu yang kamu jalankan berdasarkan apa yang orang lain anggap benar , bukan benar menurut dirimu sendiri?

Kita semua , setiap individu dari miliaran orang yang hidup saat ini sangat unik. Dan kita memerlukan hal-hal yang berbeda untuk tumbuh dan berkembang menjadi diri kita yang terbaik


Berikan diri Anda kesempatan terbaik dengan menciptakan lingkungan yang akaun memeliharamu , bukan apa yang orang lain pikir harus memeliharamu , atau apa yang kamu pikir harus memeliharamu .

Kau adalah pemilik jalan hidupmu.

Semua dari ketiga kesadaran tersebut,
- Mengambil kembali kekuatan untuk membuat pilihanku sendiri
- Memastikan hubunganku dengan orang lain dalam kondisi terbaik
- Dan mengikuti jalan hidup yang aku pilih sendiri meskipun orang lain memiliki pendapat yang berbeda
membuatku tersadar untuk memiliki jalan hidupku sendiri.

Jika ada satu pelajaran paling penting yang ingin ku bagi dengan kalian , aku akan berbisik dengan lembut , tapi terus-menerus di telingamu, hal itu adalah “Kamu adalah pemilik jalan hidupmu.”
Tidak ada orang lain yang akan menjalankan hidupmu untuk dirimu.


Jadi mulai lah menulis dengan tanganmu yang penuh kasih itu , merefleksikan momen-momen pencerahan yang terjadi pada hidupmu, tetapi jangan hanya duduk pasif menunggu suatu hal untuk terjadi .

Ambil langkah maju menuju kehidupan yang lebih baik, kuat , dan penuh kasih sekarang juga.



No comments:

Post a Comment