Wednesday, March 12, 2014

Online Shopping: Belanja Online, siapa takut?

Zaman sudah berubah. Teknologi udah merubah segalanya, termasuk dalam hal berbelanja. Kali ini gue mau menceritakan pengalaman dan suka duka berbelanja secara online.
Well, gw pribadi emang termasuk orang yang internet freak, jadi belanja secara online bukan hal yang asing bagi gw. Pengalaman pertama belanja online tuh masih inget beli Sweater Hoodie Full Zipper warna merah maroon di kaskus pas masa-masa kuliah. Berhubung gue udah terbiasa menggunakan fasilitas ATM transfer saat jualan pulsa, prosesnya belinya pun berjalan dengan mulus. Beberapa minggu kemudian barang dateng, agak sedikit kecewa sih soalnya ukurannya agak terlalu nge-press dan ada jaitan yang salah dibagian tangan.
Dan dari situlah perjalanan belanja online gue dimulai.

Entah kenapa rasanya gue lebih nyaman belanja secara online untuk barang-barang tertentu, mungkin karena:

  • Kita gak perlu capek-capek keliling keliling dari satu toko ke toko lain untuk mencari suatu barang. Cukup kunjungi Kaskus, Lazada, Zalora, TokoBagus, Berniaga, atau situs jual beli lainnya. Cukup dengan komputer dan koneksi internet dirumah, kita bisa mencari barang yang kita mau.
  • Harga cenderung udah fix-price. Karena gue bukan tipe orang yang jago dalam tawar menawar, maka hal ini sangat nyaman bagi gue. Ya walaupun ketika sms-an sama sellernya, gue sering nawar juga, setidaknya dikasih free ongkir atau dikasih diskon dikit.
  • Harga cenderung lebih murah. Sebagai perbandingan, gue pernah nyari Jam tangan merk Q&Q. Di mall depok Town Square, jam tersebut dibandrol 250 ribu dan gak bisa ditawar. Sedangkan di Kaskus, gue bisa mendapatkan jam tersebut cuma seharga 115 ribu dengan barang dan kualitas yang sama.
  • Well, gw adalah pria tambun dengan ukuran badan yang ekstraaaaaaa besaaaar. Dan belanja kebutuhan sandang ditoko retail rasanya bener-bener melelahkan. Susah banget nemuin baju yang ukurannya pas buat gw. Nah di dunia maya, banyak banget yang nawarin produk untuk orang-orang yang big-size dengan harga yang terjangkau. Sebagian besar isi lemari pakaian gue sekarang juga hasil beli online juga.

Dan gue mau sedikit me-review barang-barang apa saja yang pernah gw beli secara online, 

  1. Hp Android Meizu M9 dari seller di Bandung
  2. Kamera Pocket Canon A2300 dari Seller di Yogyakarta
  3. Hair Clipper WAHL di Lazzada
  4. Kamera Pocket Canon A2500 di Lazada
  5. Sepatu Converse Low Merah
  6. Sepatu Pantofel Coklat
  7. Frame Kacamata kulit
  8. Frame Kacamat Bambu
  9. Frame Kacamata Oakley Fatcat
  10. Hair Trimmer
  11. Hair Trimmer
  12. Gakuran
  13. Sukajan
  14. Kemeja Flanel Converse
  15. Vest Nike Golf
  16. Vest Formal
  17. Blazer
  18. Kemaja hitam Alisan
  19. Kaos V-neck
  20. Poloshirt Masimo Biru muda
  21. Poloshirt Masimo Biru tua
  22. Poloshirt Salur Hitam Abu-abu
  23. Jaket jeans
  24. Celana Training Reebok
  25. Rompi fleece Panzer
  26. Jaket Panzer Costum
  27. Poloshirt Hitam
  28. Poloshirt Biru
  29. Raglan Hitam-abu abu
  30. Sendal gunung Akasaka
  31. Kemeja Jeans
  32. Sepatu Crocs Thompson
  33. Gelang kaskus
  34. Gelang Nike Kuning
  35. Cincin titanium hitam
  36. Cincin titanium perak
  37. Anting Hitam
  38. Anting Perak
  39. Tiket 2shot JKT48
  40. Kaos dalam 5 buah
  41. Kaos dalam rider 5 buah
  42. Hardisk eksternal Adata 1 TB
  43. Hardisk eksternal WD Element 1 TB
  44. Bel dan lampu sepeda
  45. Bahan-bahan kerajinan tangan di Tokokainflanel.com
  46. 2 Voucher makan dilawson
  47. Voucher periksa gigi di Lentang agung
  48. Vouucher Periksa gigi di Mampang
  49. Buku La Tahzan
  50. Buku Satu tiket ke Surga
  51. 4 Buku karangan Ippho Santosa
  52. Sepatu boots merk 2041 di Zalora
  53. Poloshirt Merah
  54. Kaos O-neck merah
  55. Celana Jeans 3/4
  56. Voucher Ganti lensa kacamata di Optik Seis
  57. Jam tangan Casio Calculator
  58. Jam tangan Casio F91W
  59. Jam Tangan Q&Q Digital Sport
  60. Jam tangan Q&Q Analog Leather strap
  61. Jam tangan Q&Q Analog Ungu
  62. Jam tangan Q&Q Analog Tosca
  63. 2 Jam tangan KW
  64. Jam tangan Q&Q leather warna ungu
  65. Jam tangan KW Luminox
  66. Nato strap Hitam Jingga
  67. Nato strap warna France dan jam un-branded
  68. Nato strap kulih coklat muda
  69. Kartu memory Sandisk 8 GB
  70. Flashdisk Sandisk 8 GB
  71. Catridge Canon CL-41
  72. Catridge Canon refillan 2 buah
  73. Print Ebook Hitman 1 Jilid
  74. Blackberry 8330
  75. Longsleeve Shirt Biru Muda
  76. 2 Kemeja Flanel Big size
Dan mungkin masih ada beberapa lagi yang kelupaan ditulis. Fuiiiih... ternyata gw udah belanja online sebanyak ini ya.. Klo uangnya ditabung bisa berapa juta tuh. >w<

Dari segitu banyaknya barang yang gue beli secara online, sebenernya ada juga dukanya, antara lain:

  • Tertipu, ini yang fatal banget.  Gue pernah ketipu beli Tiket 2shot JKT48 palsu seharga 160ribu. Pernah juga pas beli Gakuran dan gue mau tuker karena barangnya kekecilan, eh gakuran penggantiinya gak dikirim balik. T^T
  • Barang gak sesuai dengan yang kita inginkan. Kadang warna barang yang difoto beda sama aslinya. Kadang ada cacat barang yang gak dikasih tau dan baru ketahuan setelah barangnya sampe.Untuk Produk pakaian, sering banget ukurannga gak sesuai sama kita, jadi benar benar harus cermat dalam mengukur.
  •  Boros. Ya, belanja online bikin kita jadi konsumtif dan suka lupa diri. Karena kemudahannya kita jadi cenderung "lapar mata" dan membeli produk-produk yang sebenernya kita gak butuh-butuh amat.

Oh iya, selain beli barang secara online, gue juga pernah menjual barang secara online, yaitu:
1. Hp Sony Ericson W810
Ini sebenernya baru beli juga, tapi karena ngerasa gak cocok akhirnya gue jual ke seseorang di Bandung.
2. CD Komilasi Dorama Jepang
Jadi ceritanya gw dan temen gw mau usaha menjual dorama-dorama jepang dalam bentuk CD. Lapaknya sepi banget dan akhirnya ada juga satu pembeli dari Lampung. Dan abis satu pembeli itu langsung berakhir usaha kita, hahaha.
Oh iya semua barang yang gua jual itu lewat kaskus, karena menurut gue, Kaskus jual Beli emang yang paling pas klo kita mau jual barang. Ya walaupun agak rawan penipuan juga.

Yah, pada akhirnya gue masih menjadikan belanja online sebagai pilihan untuk pemenuhan kebutuhan gue. Tapi untuk barang-barang yang kebutuhan harian, gue masih memilih belanja secara langsung.
Asal kita bisa cermat dan hati-hati dalam belanja online, kita bisa dapet keuntungannya kok. Ya walaupun kata salah satu temen gue, "Tertipu adalah sesuatu yang pasti dialami orang dalam hal jual/beli online"

So, are you ready for online shopping guys? :)

No comments:

Post a Comment