Tuesday, April 22, 2014

Hasil pengobatan TBC setelah 6 Bulan.

Sekitar bulan November 2013 kemarin, gue sempet harus menginap di rumah sakit TRIA DIPA karena terkena TBC. Bukan! Bukan! Bukan TBC yang Tekanan Batin Cinta (yaaa... meskipun itu juga sih..XD ), tapi TBC yang beneran nyerang paru-paru, hihihhi.

Seminggu sebelum dirawat, gue udah bolak balik ke dokter karena sakit. Awalnya didiagnosa hanya kecapean, gejala typus, demam berdarah... sampai akhirnya ketika gue ke dokter umum di TRIA DIPA dan dirontgen disana, dokternya bilang 
"Kamu kalau nafas sesak ya? Kok masih bisa kuat bergerak gini. Telat sedikit bisa lewat loh kamu."

Desshhh!! Ternyata dilihat dari hasil rontgen, paru-paru kanan gue udah gak terlihat. Seperti tertutup asap putih gitu. Emang sih pas sakit, rasanya napas gue tuh putus nyambung. Jalan sedikit aja rasanya capek. Plus berat gue sampe turun 10 kg.



Kelihatan kan, paru-paru yang sebelah kanan terlihat putih semua, beda dengan yang kiri. Itu karena paru-paru yang kiri tertutup oleh cairan dan flek.

Akhirnya gw harus dirawat selama 5 hari di rumah sakit. Gw didiagnosis terkena paru-paru basah. Disana cairan diparu-paru disedot dan keluar 1 liter cairan dari paru-paru gw. Sayangnya pada proses penyedotan kedua sudah tidak keluar cairan. Tapi ternyata paru-paru gw masih tidak terlihat.


Masih ada flek yang menutupi. Dan gw didiagnosis terkena TBC. Astagfirullah.. darimana gw bisa kena penyakit seperti ini, padahal gua gak ngerokok.

Setelah keluar dari rumah sakit. Gw harus minum obat tiap hari selama 6 bulan dan gak boleh putus. (Putus minum obat maksudnya, bukan putus cinta :p ) dan gw juga harus check up tiap bulan ke dokter sana. Dan setelah kurang lebih 3 bulan. Ini hasilnya:


Keliatan kan paru-paru kanan gw udah mulai keliatan bagian atasnya. Yang bagian kiri pun juga terlihat makin bersih.

Sebenernya gue udah hampir 6 bulan berobat dan kemarin udah rontgen lagi, cuma lupa difoto. Hasilnya sih udah lebih baik dari rontgen yang sebelumnya. Sekarang gue tinggal 1 bulan lagi minum obat dan bakal check-up terakhir abis lebaran nanti.

Lumayan perjuangan kena penyakit ini. Buat minum obat tiap hari itu yang susah, kadang bosen dan eneg sama obat. Tapi ya Alhamdulilah, banyak hikmah juga yang gue ambil karena kena penyakit ini.
Oh iya, kayaknya susu kambing juga cukup berpengaruh buat pengobatan gue karena selama pengobatan gue rutin minum itu setiap hari. Tapi ya efeknyaa... berat gue yang sempet turun 10 kg karena sakit itu malah naik lagi, nambah berat malah. :|

Anyway, Semoga gue cepet sembut total yaaa... Amieeen.

No comments:

Post a Comment