Thursday, September 1, 2011

I'm introvert & proud

Suatu ketika, gw merasa bahwa gw agak berbeda dengan orang lain. Gw yang waktu itu masih muda (sekarang tetep muda juga) menganggap bahwa ini sekedar perbedaan sikap gw aja. Hingga suatu saat gw membaca sebuah artikel di internet dan menyadari apa yang gw alami.

Gw seorang introvert. 

Ya, ternyata gw merupakan bagian dari  25% orang penduduk dunia yang memiliki kepribadian introvert.
Gw bahkan sering berharap dilahirkan sebagai Mutant kayak di film X-men atau Heroes biar berasa bener-bener beda, hehehe. 

Apa sih introvert itu?
Secara sederhana,   Introvert itu adalah tipe kepribadian dimana sumber semangatnya/ energinya berasal dari dalam diri sendiri.
Mereka akan merasa cepat lelah jika berada diantara banyak orang dan membutuhkan waktu menyendiri untuk memulihkan energinya kembali.
Introvert itu berbeda dengan pendiam, tapi pendiam itu merupakan salah satu ciri khas orang introvert.

Orang yang introvert bisa saja orang yang aktif, periang dan suka bersosialisasi, namun biasanya setelah sekian waktu bersosialisasi, orang introvert perlu privacy, butuh ketenangan untuk recharge energinya kembali.

Apa yang gw rasain sebagai orang introvert?
Udah bukan rahasia lagi, kalau disetiap tempat didunia ini, orang introvert adalah kaum minoritas yang selalu dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Sebabnya?
Ya karena kebanyakan orang introvert mengalami kesulitan dalam bersosialisasi dan memilih untuk menyendiri.

Gw merasakan itu semua. Terlebih lagi, gw merupakan orang introvert yang cenderung pendiam, pemalu, dan sedikit minderan.
Mulai dari dikatain anak kuper, gak gaul, dianggep sombong dan pilih-pilih temen, dan banyak hal-hal berat lainnya yang bakal sulit untuk dibayangkan kalian.

Tapi selain itu, gw juga tumbuh menjadi pribadi yang mandiri. Berusaha untuk menyelesaikan masalah gw sendiri. Gw selalu berpikir kalau gw harus selalu bertambah kuat untuk menjalani hidup gw.

And the truth is... 
  • Gw berharap bisa bersikap kayak orang-orang biasa dan gw sedang melatih itu.
  • Gw emang jarang nyapa duluan, tapi gw seneng banget kalau ada yang nyapa gw.
  • Gw bukan sombong, bukan pilih-pilih temen, bukan sok-sok-an, gw cuma terkadang bingung bagaimana harus bersikap diantara kalian. 
  • Gw sangat senang punya banyak teman dan kenalan-kenalan baru.
  • Gw akan sangat jarang berinisiatif, walaupun gw sebenernya sudah memikirkan hal itu dan gw cenderung bergerak kalau ada yang ngajak.
  • Gw kadang juga ngerasa bosen sendirian dan pengen punya tempat berbagi.
  • Walau selalu mengerjakan segala sesuatu sendiri, kadang gw juga merasa butuh orang yang bisa membantu.
  • Gw jarang ngobrol, tapi sangat senang jika ada yang ngajakin ngobrol. 
  • Gw emang jarang bersosialiasi, tapi itu bukan karena gw gak suka. Gw cuma kadang gak tau darimana harus memulainya.
  • Gw akan jadi orang yang sangat rame diantara teman-teman dekat gw. 
 
Gw sadar, kalau sampai mati, gw akan hidup dengan kepribadian introvert gw ini, tapi gw sedang berusaha untuk memperbaiki diri gw sedikit demi sedikit terutama dalam aspek social life, karena pada dasarnya manusia itu adalah makhluk sosial bukan?

Ada sebuah analogi yang lucu tentang para introvert terhadapa ekstrovert
INTROVERT     : Dapatkah kau mendengar suara alam ini?
EKSTROVERT  : Mana mungkin bisa?
INTROVERT     : Jelas! karena kau terlalu berisik dan banyak bicara....

Terakhir, kalau Mystique di Film X-men First Class punya kata-kata "Mutant and Proud", maka gw pun punya:

 

I'm Introvert and I'm Proud

No comments:

Post a Comment