Sunday, January 27, 2013

Time flies, but we're the pilots

Hupppfftttt..... *Bernapas berat

Sudah tanggal 27 Januari di tahun 2013.
Entah kenapa... Waktu terasa berlalu begitu cepat ya sekarang?

Rasanya baru kemarin masuk SMA. Rasanya baru kemarin masuk kuliah. Rasanya baru kemarin di Wisuda. Rasanya baru kemarin interview pertama kerja. Rasanya baru kemarin dapat gaji pertama.
Tapi tiba-tiba...

Gw sekarang disini, sedang dinas selama satu bulan di Medan. Sudah 1 tahun 3 bulan bekerja sebagai engginer. Sudah berumur 22 tahun 6 bulan. Sudah hampir dua tahun lulus kuliah. Sudah hampir 5 tahun lulus SMA. Dan.... sudah hampir 4 tahun menjomblo. :p

Gw pernah baca, penyebab kita merasa waktu berjalan semakin cepat itu karena kita terjebak dalam hal yang namanya rutinitas. Setiap hari ketemu orang yang sama, tempat yang sama dan kegiatan yang itu-itu saja. Sehingga otak kita seringkali berada dalam kondisi "Autopilot"

Pernah gak sih kalian ketika bangun pagi lalu berangkat kerja/kuliah lalu tiba-tiba saja sudah waktunya jam pulang? Atau pernah gak kalian makan siang tanpa menyadari rasa dari apa yang kalian makan?
Kita seolah-olah menjadi zombie, yang berjalan tanpa menyadari apa yang kita lakukan.
#Plis jawab pernah, masa gw doang sih, hahaha. XD

Oke. Gw termasuk seorang pekerja yang bernasib cukup tragis. Diumur segini dan pengalaman kerja yang baru segini, gw udah ngalamin hal yang namanya "Stress". Gw udah berada disuatu keadaan dimana gw merasa hidup gw ini menyedihkan dan gw mengutuk, "Ah.. Hidup gw suck!"
Ya walaupun penyebabnya gak cuma masalah kerjaan sih. 

Dan setelah perenungan yang dalam dan pencarian jati diri yang sangat lama (halah), gw menyadari, ada yang salah dalam hidup gw sekarang. Sesuatu yang harus segera diubah secepatnya.

Banyak situs di Internet yang berisi tentang pelajaran-pelajaran simpel mengenai kehidupan. Kebanyakan bahasa inggris sih, ini list situs yang suka gw kunjungi untuk mencari inspirasi tentang hidup:

Dan gw pengen share beberapa pelajaran yang gw dapet setelah baca beberapa artikel-artikel di website tersebut:

- Life in present.
Hiduplah disaat dan dimana kakimu berada saat ini. Masa depan itu hanya konsep dikepalamu. Masa lalu hanyalah sesuatu yang tidak bisa kembali.

- Do small change.
Lakukan perubahan menuju sesuatu yang kamu inginkan walaupun cuma sedikit saja.

- Stop living dead, stop autopilot.
Sadari situasi disekitarmu. Berhenti hidup secara monoton. Lakukan hal-hal konyol dan baru yang kau inginkan setiap hari.

- Be connected. Talk to stranger.
Bersosialisasi lah dengan orang-orang disekitarmu, termasuk orang asing.

- Stop worry.
Kekhawatiran itu seperti kursi goyang, kau merasa bergerak, tapi tidak membawamu kemana-mana.

- Stop judging.
Jangan menilai sesuatu hanya berdasarkan persepsi sendiri saja.

Enough! Gw udah cukup (muak) dengan hidup gw yang kemarin. Gw pengen berubah. Gw pengen memulai hidup gw yang baru. Semoga gw bisa mengubahnya, walaupun cuma sedikit demi sedikiiiiiiit saja. Gw pengen memanfaatkan waktu gw tinggal sedikit ini dengan sebaik-baiknya, dengan bahagia.

So.. “The bad news is time flies. The good news is you're the pilot.”
:)

No comments:

Post a Comment