Tuesday, January 29, 2013

Bicara dengan orang asing (Talking to stranger Indonesia) Part 1


Bicara dengan orang asing? 
Orang asing yang gw maksud disini bukanlah orang bule atau semacamnya, tapi orang yg baru pertama kali ketemu dan bener-bener belum kenal.

Terus ngapain pake repot repot segala bicara sama orang asing?
Yang gw baca sih, kegiatan ini banyak manfaatnya loh. Selain mempertajam kemampuan buat berkomunikasi, ini juga bisa menambah social circle yang kita punya. Kan ada pepatah bule yang bilang, “A Stranger is Just a Friend You Haven't Met Yet” atau versi Indonesianya Tak kenal maka tak sayang.”
Yang jelas, dari beberapa website dan buku pengembangan diri yang gw baca, banyak banget manfaat yang kita bisa dapetin dari kegiatan ini, salah satunya ya bikin hidup kita lebih berwarna, gak boring atau monoton gitu.


Hmm… Bagi gw yang punya kecenderungan sebagai seorang introvert, hal yang kayak gini gak gampang loh. Butuh banyak banget persiapan dan pemikiran (ah, my bad habits). Tapi dilain sisi, gw merasa ini sesuatu yang menarik dan menantang juga buat dilakuin. Ya kebetulan juga gw emang lagi pengen meng-upgrade diri gw biar lebih sociable.

Dulu gw pernah ikutan suatu seminar dan komunitas self-development gt, dan salah satu hal penting yang diajarkan di komunitas itu adalah kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang asing. Terutama dengan lawan jenis, you know lah maksudnya. Xixixixi XD
Di komunitas ini lumayan banyak sih yang gw pelajari tentang gimana cara kita bisa berkomunikasi secara baik dengan orang-orang baru. Permulaan gw mulai tertarik dengan kegiatan “talking to stranger” juga berkat komunitas ini.

Jadi waktu itu gw sedang kumpul dengan komunitas itu di Sevel daerah senayan. Dan salah satu temen disana, nyuruh gw buat ngajak ngobrol seorang cewek Chinese yang lagi duduk sendiri. Awalnya sih gw gak yakin, dan bingung mau ngobrolin apa. Dan setelah minta saran temen gw tersebut, akhirnya gw samperin itu cewek dan nanyain “Klo cewek, lebih mentingin buat matchingan baju itu sama sepatu atau tas.”
Well, topik yang cukup aneh emang. Akhirnya setelah “awkward moment” selama beberapa detik, gw balik lagi ke temen-temen gw. Dan, you know what? Abis itu cowoknya itu cewek dateng, hahaha. Untung gw udah cabut, ntar malah dikirain gangguin ceweknya lagi.

Pernah juga dikomuitas itu, gw harus bisa foto sama cewek asing yang baru ketemu. Hahaha… rada freak sih. Tapi akhirnya bisa juga foto 2 kali sama cewek asing yang sama sekali gak dikenal. Hihihi :p

Tapi akhirnya gw berhenti dari aktifitas2 di komunitas itu karena ngerasa ada beberapa hal yang gak sejalan sama pola pikir gw. Sayang juga sih, keluar dari kegiatan komunitas itu gw “melempem” lagi. Rencananya sih deket deket ini mau coba gabung lagi.

Oke back to the topic, kalau mau coba baca-baca sedikit referensi mengenai bicara dengan orang asing, bisa kunjungi situs-situs ini:
- http://yourcharismacoach.com/
http://theapproachmachine.com/

Sebenernya mau ngebahas sedikit tips-tips dan cara buat bisa bicara dan kenalan dengan orang asing, tapi berhubung gw dasarnya masih o’on banget dan butuh banyak belajar (plus langsung praktek) di kegiatan ini, jadi kapan-kapan aja bahasnya. :p


No comments:

Post a Comment