Tuesday, October 15, 2013

Bagaimana Cara Menjadi seorang Introvert

Diterjemahkan secara bebas dari artikel yang berjudul:
How to Be an Introvert



Sering Dikatakan bahwa kita hidup di dunia yang penuh dengan ekstrovert. Jadi orang yang dilahirkan dengan sifat-sifat bawaan introvert sebagai kepribadian mereka sering mencari nasihat tentang bagaimana menjadi lebih terbuka kepada orang-orang, bagaimana menjadi lebih ekstrovert.

Permintaan akan menciptakan penawaran, sehingga tidak heran mengapa ada banyak sumber di internet yang meliputi topik semacam ini. Sementara itu sedikit sekali jumlah informasi yang disajikan pada topik yang berlawanan - bagaimana untuk menjadi seorang introvert.

Dalam artikel singkat ini aku akan mengundang para ekstrovert untuk merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang ‘ introvert '.

Berikut ini adalah 5 langkah panduan tentang bagaimana Anda bisa menjadi seorang introvert sejati:

1. Sedikit berbicara 

Bukanlah bawaan seorang introvert untuk berbicara banyak selama sehari penuh. Mereka juga tidak menyukai membahas topic-topik yang dangkal hanya demi sebuah percakapan. Saran keseluruhan di sini mungkin terangkum dalam kalimat: "Berbicaralah lebih sedikit, lebih banyak mendengar". 

2. Jarang Keluar 

Kurangilah keluar malam seperti yang biasanya. Beberapa kali keluar malam per bulan masih bisa diterima. 

3. Batasi jumlah teman yang akan menghabiskan waktu dengan anda 

Menurut artikel yang sangat bagus "10 Mitos Tentang Introvert", seorang introvert "bisa menghitung teman-teman dekat mereka hanya dengan jari jari di satu tangan". Saya tidak mengajak Anda untuk memutuskan hubungan anda dengan kenalan Anda yang lain. Hanya fokuskan sebagian besar "waktu sosial" Anda pada beberapa (2 sampai 3) orang saja. 

4. Nikmati waktu luang Anda sendirian saja

Introvert suka menghabiskan waktunya sendirian, itu adalah cara bagaimana mereka mengisi ulang tenaga mereka sendiri. Jadi jika Anda ingin menjadi seorang Introvert sejati, pastikan bahwa Anda menghabiskan cukup waktu untuk diri Anda sendiri setiap hari. Misalnya, Anda dapat pergi ke bioskop atau menikmati secangkir kopi sendirian saja. Ini juga akan berguna untuk menemukan beberapa hobi baru- suatu kegiatan yang bisa dikerjakan hanya seorang diri Sebagai contoh, melukis. 

5. Menulis diary (buku catatan pribadi) 

Introvert adalah pribadi yang sangat introspektif. Pastikan anda mempunya sebuah buku catatan pribadi di mana Anda dapat menuliskan dan menganalisa pemikiran serta perasaan Anda sendiri. Tulislah disana secara teratur. 

Jika Anda dapat mempelajari dan menguasai semua keterampilan dan kebiasaan dari daftar diatas, selamat! Sekarang Anda diterima di persekutuan  introvert!

7 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Being introvert?
    Huh....
    I hate my life as introvert person. At my clas,when we need to do a presentation. No one want to do with me cause they say i am boring and they will bored if they spend time with me.
    I am tired and sad😢
    They hurt my feeling.

    I hope i will be like my extrovert friend. Everyone love her.

    Sometimes, i am jealous.
    I hope i can be like her.
    I hate being introvert.
    How to change myself from introvert into extrovert

    ReplyDelete
    Replies
    1. being an extoextro also very tired. trust me, introverts are beautiful. i wanna be an introvint.

      Delete
  3. menjadi seorang introvert sebenernya menyenangkan tapi beberapa orang sering menganggap ku aneh dan suka lupa temen, kata mereka kalo ada masalah harus sering cerita. tapi aku bingung mau cerita gimana cara menyampaikannya . bahkan yang sering bilang aneh itu temen sendiri. yah walau ku sedikit menghindar kalo dia kepo tentang ku -_-

    ReplyDelete
  4. Makasih atas petunjuknya, aku sangat ingin sekali menjadi introvert. Karena menurutku introvert itu bahagia dengan kesendiriannya tanpa bergantung pada orang lain dan aku suka hal itu

    ReplyDelete
  5. Aku ingin jadi introvert. Udah lelah sama semuanya

    ReplyDelete